Arfah, S.TP (Blognya Anak Teknologi Pertanian)

Senin, 19 September 2011

Kenyataan Tentang Hari Ini


Setiap  Org mempunyai kenangan akan masa lalu. Rina, Sebut saja begitu adalah org yg hidup dgn masa lalunya. Ia mempunyai kenangan yg indah dgn kekasihnya yg sudah putus dan tidak berhubungan lagi. Ia tidk bisa melupakan kekasihnya walau sudah putus. Sulit baginya untuk menjalani kehidupan baru karena terjebak pada kenangan tersebut. Setiap kali akan menjalani kehidupan baru, ia terjebak untuk membandingkan dgn kekasihnya yg dulu. Ahirnya sulit baginya untuk menemukan kehidupan yg baru.
            Tentang waktu, org sering org sring berlebihan dalam dua hal : menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Ada yg terkadang dilupakan oleh manusia adalh bahwa “ia memiliki hari ini yg hrs disyukuri dan dimanfaatkan dgn sebaik2nya.
            Penyesalan bisa menjadi cara terbaik manusia untuk melupakan dan melampiaskan emosinya. Emosi yg memuncak memang perlu mendapatkan pelampiasan, sehingga tdk tersumbat dn mengganggu kestabilan hidup. Namum, yg harus diingat adalah bahwa penyesalan itu tidk boleh terlalu lama dilakukan. Kita harus ada keinginan kuat untuk segera mengahirinya dan memulai sebuah hidup baru. Dan ingatlah masa depan itu dimulai dari hari ini..
Perlu kita kembangkan kesadaran bahwa dunia ini akan selalu berputar,bahwa dibalik kesulitan yg kita alami akan ada kemudahan yg akn kita dapatkan.begitupun juga sebaliknya. Karena itu, kesulitan janganlah membuat hati kita sedih berkepanjangan. Jika kita memahami bahwa akan slalu ada kemudahan dlm hidup, akan timbul kesadaran bahwa tidak ada kesedihan yang abadi.
            “Wala huznu yaduumu wala sururun,wala ‘usrun ‘alaika rakhaaun.”
(dan tdk ada kesedihan ataupun kebahagiaan yg kekal, dan tdk ada kesulitan ataupun kemudahan bagimu yg kekal).
            Dengan demikian, kita akan siap untuk mengalami keadaan apa saja. Kesuksesan kita tidak membuat kita sombong. Dan sebaliknya,jika kita dalam keadaan sulit dn kesedihan menerpa kita,keadaan itu tidak melarutkan kita begitu panjang.
Jadikan masa lalu hanya sebagai kenangan. Sangat sulit menghilangkan sejarahyg sudah terjadi, apalagi yg melibatkan emosi yg mendalam.
Apa yang bisa kita lakukan dgn pristiwa smacam ini???...Kadang terjadi, org brusaha skuat tenaga menghilangkan pristiwa yg menghantuinya dari ingatannya.tetapi yang terjadi kemudian,bukannya hilang dari ingatan, ingatan itu malah smakin lama smakin mlekat dan semakin sulit untuk dihilangkan. Hal itu terjadi karena smakin keras usaha seseorang untuk menghilangkan pikiran,sebenarnya yg terjadi adalah semakin kuat ia untuk memanggil kembali ingatan tsb sehingga malah sulit untk dihilangkan. Maka, cobalalah beberapa cara berikut ini :
1.      Terimalah peristiwa apa adanya. Pandanglah dr brbagai segi lebih jernih. Ambil sisi positif yg slalu menyertai sbuah pristiwa. Karena jika slalu mlihat sisi negatif dari sbuah peristiwa hanya akan menambah luka yg sudah terjadi.
2.      Jangan pernah brusaha melupakan sebuah peristiwa dalam hidup kita, dgn harapan hal itu akan membantu kita untuk keluar dari kenyataan yg sudah terjadi. Terima lah peristiwa itu menjadi bagian yg tdk terpisahkan dalam hidup kita, menjadi sejarah kelam yg kita akui adanya. Akui kebodohan tsb,krn pd dasarnya hampir setiap org pernah melakukan kebodohan. Bedanya adalah apakah kita ingin bangkit dr kesalahan itu sehingga kita mampu keluar dari kesedihan yg terjadi. Atau kita tetap pada kondisi itu sehingga kita slalu dihantui pada kesedihan slama hidup.
3.      Sangat penting untuk memiliki sifat MEMAAFKAN. Tidak ad yg lebih indah dari jiwa besar di dunia ini dari memaafkan sebuah peristiwa. Memaafkan bisa jadi memaafkan org lain dan memaafkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri terkadang lebih sulit ketimbang memaafkn org lain. Yg terpenting adalh apapun kesalahan yg kita lakukan bisa memberi makna mendalam sebagai titik tolak sebuah kemajuan. Karena kita hrs mampu keluar dari bayang2 peristiwa kelam yg terjadi.
4.      Jadikan sebuah peristiwa dari masa lalu sebagai titik balik bagi kita untuk melangkah maju lebih cepat dari semula. Selain terpaku pada masa lalu yg sering menjadi beban, org juga sering terlalu Khawatir dgn masa depannya. Masa depan adalah sesuatu yg belum pasti, dan yg kita lakukan aadalah merencanakan berbagai strategi dan kemungkinan agar masa depan tsb bisa lebih diprediksi. Massa depan adalah sesuatu yg belum pasti,sehingga kita tdk perlu kekhawatiran berlebihan terhadap apa yg terjadi di masa mendatang. Bolehlah kita khawatir, tetapi kekawatiran itu dalam upaya kita menyiapkan diri secara lebih baik.
Jangan pernah lupakan bahwa kita mempunyai hari ini yang harus kita jalankan. “mengkhawatirkan masa depan dan melupakan hari ini sama halnya dengan melupakan kenyataan yg ada di depan kita.” Kita sering berusaha mencapai sesuatu yg lebih baik di masa mendatang,tetapi kita lupa bahwa masa depan harus dimulai dari hari ini.  Hari ini akan sangat menentukan akan menjadi apa kita di masa mendatang. Maka tak salah sebuah pepatah arab yg mengatakan :
            “Baidhatul yaumi khairun min dajajatil-ghod.”
        ( Telur hari ini Lebih Baik Dari Pada Ayam Hari Esok).

Di kutib dari Buku: Man Jadda Wajada.
Pengarang : Akbar Zainudin


2 komentar:

Tanggapan Anda

My Headlines

Daftarnya Gratis..! Dapat Duit..! Buruan...Pasang Iklan Adsense Camp Di Web/Blog mu

Adsense Indonesia Adsense Indonesia
 

Arfah, S.TP. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com